Rel Siap Dipasang, Progress LRT Palembang Capai 42 Persen

Rel Siap Dipasang, Progress LRT Palembang Capai 42 Persen
Pembangunan LRT. Foto: KRIS SAMIAJI/Sumatera Ekspres/JPG

jpnn.com, PALEMBANG - Pihak PT Pelindo II Cabang Palembang memastikan rel Light Rail Transit (LRT) Palembang, siap dipasang di Zona 1 dan 5 Minggu ini.

Material rel sebanyak 1.600 batang dengan berat 2,3 ton, sudah tiba di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Selasa (16/5) sekitar pukul 22.00 WIB. Ini baru tahap pengiriman tahap pertama, dari dua kali yang direncanakan.

Seperti dilansir Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group) hari ini, batangan rel yang panjangnya masing-masing 25 meter itu, sedang dibongkar muat dari kapal menggunakan crane.

“Hingga siang ini (kemarin,red) material belum ada yang bergerak, ya mungkin karena masih proses pemindahan,” ujar perwakilan PT Pelindo II Cabang Palembang, Aris, kemarin.

Material LRT yang merupakan proyek strategis nasional ini, mendapat pengecualian untuk segera bisa dikeluarkan. Apalagi secara administrasi, material tersebut ada izin masuk (bersandar), maka persyaratan barang tersebut sudah lengkap dan tidak ada masalah.

“Setelah selesai, mungkin langsung bergerak. Kalau memang pemilik (kontraktor,red) menginginkan seluruhnya material diangkat tidak masalah,” ujarnya.

Namun mengingkat kapasitas materialnya cukup besar, dia berpikir sebagian material yang akan diangkut. Sisanya bisa dititip sementara di areal pelabuhan.

"Bentuk material barang LRT tersebut kepingan. Tidak dimasukan ke dalam kontainer. Mengingat, ukuran pasti panjang dan berupa kepingan besi," tambah Aris.

Pihak PT Pelindo II Cabang Palembang memastikan rel Light Rail Transit (LRT) Palembang, siap dipasang di Zona 1 dan 5 Minggu ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News