Rela Lepas Masker 1 Menit Hanya untuk Foto Bersama? Bahaya!

Rela Lepas Masker 1 Menit Hanya untuk Foto Bersama? Bahaya!
Ilustrasi - Komunitas Aku Badut Indonesia (ABI) mengampanyekan pemakaian masker di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (12/7/2021). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mengingatkan kecenderungan orang mulai rela melapas masker sesaat demi foto bersama.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, hal tersebut tidak baik untuk dilakukan.

"Foto bersama cuma 1 menit buka masker, padahal ada satu hal yang selalu mengintai kalau lengah," ujar Nadia dalam acara webinar bertajuk 'Hoaks, Fakta, Sains, Pejuang Isoman COVID-19', Sabtu (7/8).

Nadia kemudian mengingatkan, taat mengenakan masker penting saat berada di luar rumah.

Selain itu, sebaiknya tetap rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas demi mencegah terkena COVID-19 dan tidak berkontribusi pada peningkatan kasus di masyarakat.

Menurut Nadia, lonjakan kasus COVID-19 beberapa bulan lalu antara lain akibat tingginya mobilitas orang-orang dan mulai lengah pada prokotol kesehatan.

Seperti tak lagi menjaga jarak satu meter dalam berkegiatan seperti rapat, berkerumun di pesta pernikahan yang tidak terdapat aturan pembatasan jumlah tamu dan makan di restoran beramai-ramai.

"Peningkatan kasus yang sangat signfikan yakni akibat lengahnya protokol kesehatan ditambah mobilitas yang tinggi."

Apakah anda termasuk orang yang rela melepas masker satu menit hanya untuk foto bersama? Bahaya!

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News