Relawan Berhasil Identifikasi Pemilih Djarot - Sihar

Relawan Berhasil Identifikasi Pemilih Djarot - Sihar
Kelompok Relawan Sihar Kawan Kita. Foto: Istimewa

jpnn.com, MEDAN - Kelompok Relawan Sihar Kawan Kita berhasil mengidentifikasi 212.408 pemilih pasangan cagub – cawagub Sumut, Djarot Saiful Hidayat – Sihar Sitorus.

Juru Bicara relawan Sihar Kawan Kita Dita Sonia menjelaskan, capaian tersebut merupakan hasil kerja penggalangan yang dilakukan 1.200 relawan sejak 3 Mei 2018, di enam kabupaten dan kota di wilayah Sumut. Yakni Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Binjai, dan Langkat.

“Dari identifikasi yang dilakukan dalam periode 3 Mei – 3 Juni 2018, sekitar 140 ribu diantaranya merupakan pemilih yang memang sudah mantap memilih pasangan Djarot – Sihar. Sedangkan 72 ribu lebih sisanya merupakan pemilih baru yang sebelumnya belum menentukan pilihan atau sudah memilih pasangan lain namun berganti pilihan,” papar Dita Sonia dalam pernyataan resminya, Senin (4/6).

Dita menjelaskan, dari enam kabupaten dan kota, Kota Medan dan kabupaten Deli Serdang memberikan kontribusi terbesar. Kota Medan memberikan kontribusi sebesar 24 persen (50.977 pemilih). Sedangkan Deli Serdang memberikan kontribusi 30,8 persen (65.536)

Dikatakan Dita juga, pihaknya mendatangi warga satu persatu dan melakukan wawancara tatap muka saat melakukan identifikasi. Dari proses tersebut, relawan Sihar Kawan Kita menemukan bahwa penampilan saat debat kandidat menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan warga yang sebelumnya masih belum menentukan pilihan atau sudah memilih pasangan lain.

“Sekitar 74 persen dari pemilih baru mengaku menilai pasangan Djarot – Sihar lebih berpengalaman dan membuat keputusan memilih pasangan Djarot – Sihar setelah menonton tayangan debat kandidat. Sedangkan sisanya mengaku membuat keputusan karena menilai program yang diusung pasangan Djarot – Sihar lebih realistis dan mudah dicerna,” lanjut Dita.

Relawan Sihar Kawan Kita sendiri menegaskan akan terus melanjutkan proses identifikasi dan penggalangan sampai dengan berakhirnya masa kampanye. Pasalnya, relawan juga menangkap adanya potensi peningkatan partisipasi warga untuk ikut mencoblos pada tanggal 27 Juni 2018.

“Yang menggembirakan adalah adanya potensi peningkatan partisipasi warga untuk ikut mencoblos pada 27 Juni 2018 mendatang. Hal ini tentu sangat baik bagi demokrasi dan masa depan Sumut. Untuk itu kami akan terus bekerja agar jangan ada warga yang golput atau kehilangan hak pilihnya,” pungkas Dita. (esy/jpnn)


Kelompok Relawan Sihar Kawan Kita menyebutkan, 140 ribu dari 212.408 pemilih Djarot – Sihar merupakan pemilih yang sudah mantap.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News