Relokasi Pengungsi Sinabung Ditarget Rampung 2018

Relokasi Pengungsi Sinabung Ditarget Rampung 2018
Gunung Sinabung. Foto: BNPB for JPNN.com

jpnn.com, KARO - Presiden Joko Widodo berkunjung ke rumah hunian tetap pengungsi erupsi Gunung Sinabung, yang berada di kawasan Siosar, Kabupaten Karo, Sabtu (14/10).

Dalam kunjungannya, presiden melihat langsung kondisi masyarakat pengungsi yang direlokasi.

Selain itu, Jokowi, sapaan akrab Presiden, juga berdialog dengan masyarakat.

Di kawasan relokasi tahap pertama ini bermukim 370 kepala keluarga. Mereka berasal dari Desa Bekerah, Simacem dan Sukameriah.

"Relokasi untuk 1.873 KK kita harapkan selesai tersebar di 14 hamparan pada akhir tahun ini. Sisanya kurang lebih 1.080 KK akan kita selesaikan tahun depan karena sudah ada penetapan dari Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutahan) mengenai lokasi yang akan digunakan," ujar Jokowi.

Saat berdialog dengan warga presiden mengaku juga menanyakan apakah masyarakat sudah bisa berproduksi dari bantuan lahan pertanian yang diberikan.

"‎Dijawab sudah, ditanami kentang. Artinya ini sudah 370 sudah beres," ucap presiden dalam pesan elektronik yang diterima.

Sementara itu Kepala BNPB Willem Rampangilei mengatakan, relokasi bagi pengungsi dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama sudah selesai untuk 170 KK di Siosar.

Pengungsi Sinabung juga mulai sibuk bertani di lahan bantuan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News