Remaja Asal Padang Sudah Meretas 650 Situs, Salah Satunya Setkab

Remaja Asal Padang Sudah Meretas 650 Situs, Salah Satunya Setkab
Kepala Bagian Penerangan Umum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Foto: ANTARA/Laily Rahmawaty

jpnn.com, JAKARTA - Polisi berhasil menangkap dua orang peretas situs Sekretariat Kabinet (Setkab) yakni BS alias Zyy (18) dan MLA (17).

Terungkap, motif keduanya melakukan peretasan adalah untuk mencari keuntungan ekonomi.

"Motif kedua pelaku melakukan peretasan guna mencari keuntungan dengan menjual script backdoor dari website yang menjadi target kepada orang yang membutuhkan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Senin (9/8).

Dikutip dari internet, backdoor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan tanpa harus menangani proses autentikasi.

Kombes Ramadhan menjelaskan, kedua pelaku ditangkap secara terpisah. BS (18) ditangkap Kamis (5/8) di rumahnya di Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat.

MLA alias Lutfifake ditangkap keesokan harinya, Jumat (6/8) di wilayah Pasar Baru Nagari, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Ramadhan mengungkapkan, ML melakukan peretasan situs Setkab RI pada Sabtu (31/7).

Kemudian memintas BS melakukan peretasan terhadap laman www.setkab.go.id dengan cara mengubah tampilan laman dengan tidak semestinya sehingga laman atau situs tidak bisa digunakan dan bertulis "pwnndbyzyylutfifake".

Polri berhasil mengungkap motif peretas situs Setkab, di mana pelakunya merupakan remaja asal Kota Padang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News