Renegosiasi CAFTA Hampir Rampung

Renegosiasi CAFTA Hampir Rampung
Renegosiasi CAFTA Hampir Rampung
JAKARTA - Momentum kedatangan Menteri Perdagangan Tiongkok Chen Deming dalam forum joint commission on economic trade and technical cooperation meeting (JMC) ke-10 di Yogyakarta Sabtu besok, dimanfaatkan pemerintah Indonesia untuk melakukan lobi dan pendekatan khusus terkait perjanjian perdagangan bebas Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA).

 

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu selaku delegasi Indonesia mengatakan, pembahasan khusus menyangkut ACFTA terus dilakukan. “Salah satu agenda yang dibicarakan dalam JMC nanti adalah mengenai implementasi ACFTA,” kata Mari kepada wartawan.Bahkan, Mari mengaku adanya perkembangan menggembirakan terkait renegoisasi tersebut. Namun saat ditanya seputar isi renegoisasi khusus itu, dia enggan menjelaskan secara detail. “Tunggu saja hari Sabtu, detilnya karena kami masih dalam pembahasan terakhir, yang sudah ada suatu proses pembahasan yang mendekati final,” ungkapnya.

Mari menjelaskan, pertemuan JMC kali ini mempunyai makna penting, sebab sekaligus digunakan untuk mempersiapkan perjanjian dan program aksi yang menjadi tindak lanjut kemitraan strategis Indonesia-China. Isu-isu penting yang bakal dibahas antara lain, menentukan target nilai perdagangan kedua negara 5 tahun mendatang. Sebelumnya, target total perdagangan kedua negara pada 2010 sebesar USD 30 miliar. “Target itu telah tercapai pada 2008 lalu, yakni sebesar USD 31,5 miliar,” ujarnya.

Isu penting lainnya adalah pentingnya mencapai nilai perdagangan bilateral saling menguntungkan serta finalisasi dari agreement on expanding and deepening billateral Economic and Trade Cooperation yang akan menjadi dasar kelompok kerja selama 10 tahun ke depan.

Kemudian finalisasi dan persetujuan pembukaan cabang Bank Mandiri di China, penggunaan hibah dari China untuk sector industri, implementasi dari USD 1,8 miliar dari preferential export buyer’s credit untuk proyek infrastruktur, partisipasi perusahaan China di pembangkit listrik 10.000 MW tahap dua.

JAKARTA - Momentum kedatangan Menteri Perdagangan Tiongkok Chen Deming dalam forum joint commission on economic trade and technical cooperation meeting

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News