Rep Ceko vs Jerman: Saatnya Mueller Unjuk Gigi

Rep Ceko vs Jerman: Saatnya Mueller Unjuk Gigi
Thiomas Mueller. Foto: AFP

jpnn.com, PRAHA - Striker Jerman Thomas Mueller ingin membuktikan diri masih bertaji dalam laga tandang Tim Panser ke Eden Arena, Praha, markasnya Republik Ceko, Sabtu (2/9) dini hari nanti. Ya, Rep Ceko vs Jerman akan menjadi big match di matchday tujuh kualifikasi Piala Dunia 2018.

Mueller pantas ingin unjuk gigi. Selama Agustus kemarin, dia dipenuhi rasa frustrasi di klubnya, Bayern Muenchen. Puncaknya, Sabtu malam lalu WIB (26/8) dia merasakan 73 menit di bench dan main sebagai pengganti. ''Saya tak tahu kualitas seperti apa yang dia (Carlo Ancelotti, pelatih Bayern) ingin lihat dari saya,'' curhat Mueller kepada ARD. Ancelotti menyebut itu bagian dari strategi.

Tetapi tetap saja, Agustus ini jadi Agustus paling frustrasi bagi Der Raumdeuter, begitu Mueller dijuluki. Sebab, ini kali pertama dalam sedekade terakhir Mueller tak berkontribusi di klubnya. Baik di Bundesliga atau laga-laga lainnya di bulan Agustus.

Nah dini hari nanti WIB saatnya bagi Mueller tak lagi frustrasi. Ini saatnya Mueller bersenang-senang bersama timnas Jerman yang melawat ke markas Republik Ceko. "Saya paham apa yang Thomas Mueller selalu lakukan. Dia tetaplah faktor yang positif bagi kami,'' sebut der trainer Jerman, Joachim Loew, dalam konferensi pers di Stuttgart, dikutip Goal.

Jogi – panggilan akrab Loew – memahami Mueller, karena keduanya sudah tujuh tahun ini bersama di timnas Jerman. ''Oke, Anda (Ancelotti) tak memainkannya sejak awal. Tapi, dia bersama kami selalu menunjukkan kompetensinya, dia selalu mencetak banyak gol,'' bebernya. Ya, Der Raumdeuter – julukan Mueller – top scorer Jerman di Kualifikasi Piala Dunia kali ini.

Dari lima kali dia diturunkan, lima gol pula yang berhasil disumbangkan Mueller. Atau, per laganya dia rata-rata mencetak satu gol. Tidak hanya itu. Mueller juga berkontribusi dalam memberi umpan-umpan di balik 27 gol Die Mannschaft – julukan Jerman. Tiga kali assist bisa dia catatkan. Dia masih kalah dari Joshua Kimmich yang melakukan enam kali assist.

Apalagi, gawang Ceko sudah tidak asing lagi baginya. Dalam pertemuan pertamanya di Volksparkstadion, Hamburg, 8 Oktober lalu Mueller menyumbangkan dua dari tiga gol Jerman. Kebetulan, yang akan dia hadapi di Praha nanti nyaris sama dengan di Hamburg.

Manajer timnas Jerman Oliver Bierhoff, dikutip di Supersport menyebut Mueller tak akan tertekan dengan ekspektasi tersebut. ''Pemain seperti dia selalu butuh dukungan. Tapi, dia benar-benar (bermain rileks) ketika bersama kami,'' klaimnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News