Rerata Nilai SBMPTN di UB dan UM di Atas 600

Rerata Nilai SBMPTN di UB dan UM di Atas 600
SBMPTN. Ilustrasi Foto: dok.JPG

jpnn.com, MALANG - Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) tahun mendapatkan calon mahasiswa baru hasil SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri), dengan kemampuan perolehan nilai di atas rata-rata.

Ini terlihat dari hasil SBMPTN yang telah dikeluarkan pada Selasa (9/7), rata-rata di atas nilai 600.

Padahal sesuai instruksi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), nilai para peserta SBMPTN antara 300 dan 901.

Wakil Rektor I UM Prof Dr Budi Eko Soetjipto Med juga sempat menyatakan, memang paling aman, pendaftar yang memiliki nilai 500 ke atas berpeluang lolos.

”Tetapi dengan syarat, kalau sasarannya jurusan favorit. Kalau nilai di bawah itu apa lantas tidak masuk? Belum tentu. Ya bisa jadi diterima di jurusan rendah persaingan,” ujar dia.

Namun, selama pengumuman SBMPTN, rata-rata nilai yang masuk di UM pun cukup tinggi. Misalnya, di jurusan teknik informatika. Nilai terendahnya saja yakni 602.45 dan tertinggi adalah 640.96. ”Kebetulan informatika juga menjadi jurusan terfavorit UM,” kata dia.

BACA JUGA: Pengumuman SBMPTN 2019: Rerata Nilai Tertinggi di 10 PTN

Untuk jurusan lain, dipastikan UM persebaran nilai hasil SBMPTN merata. Sementara, menurut Prof Budi, kuota SBMPTN tahun ini mencapai 3.667 calon mahasiswa dengan rincian bidang sosial humaniora (soshum) 2.442 serta bidang sains dan teknologi (saintek) 1.225 mahasiswa.

Nilai hasil SBMPTN 2019 di dua universitas negeri di Malang, yakni Universitas Brawijaya alias UB dan Universitas Negeri Malang alias UM, di atas 600.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News