JPNN.com

Besaran UKT di Sejumlah PTN, Perlu Diketahu Pendaftar Jalur Mandiri

Jumat, 12 Juli 2019 – 00:56 WIB Besaran UKT di Sejumlah PTN, Perlu Diketahu Pendaftar Jalur Mandiri - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Informasi mengenai besaran UKT ( uang kuliah tunggal ) sangat dibutuhkan para pendaftar seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jalur mandiri.

Ya, jalur ujian mandiri menjadi alternatif terakhir bagi yang gagal lolos SBMPTN 2019 (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019).

Diketahui, dari 714.652 pendaftar SBMPTN 2019, hanya 23,61 persen yang lolos. Praktis, ada sekitar 545.910 peserta yang gagal.

”Kondisi jalur ujian mandiri menjadi ajang komersial harus semaksimal mungkin diantisipasi,” tegas Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Nasir tidak menampik adanya isu praktik komersial muncul dari kampus-kampus yang menggelar jalur ujian mandiri. Calon mahasiswa lolos dengan syarat membayar biaya uang kuliah tunggal lebih. Cara tersebut tentu dianggap sebagai ajang kampus negeri mencari uang.

BACA JUGA: Tolak Penutupan Tempat Karaoke, Muklis: Nanti Neraka yang Isi Siapa?

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, lanjut Nasir, akan melakukan evaluasi dari program studi (prodi) yang kerap menjadi incaran tertinggi calon mahasiswa. Juga, akan menyasar prodi yang dibutuhkan untuk dunia kerja (vokasi).

Jurusan lama seperti kedokteran, ilmu kemasyarakatan, ilmu komunikasi, dan teknik diprediksi masih tinggi peminat. Peluang masuk bisa lebih besar jika peserta memilih jurusan yang baru dibuka. Nasir menyebut saat ini ada 147 program studi S-1 baru.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...