Resep Sukses ala Sis Apik Direktur BNI: Pemimpin Adaptif Kunci di Era Penuh Perubahan

Resep Sukses ala Sis Apik Direktur BNI: Pemimpin Adaptif Kunci di Era Penuh Perubahan
Direktur Enterprise & Commercial Banking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sis Apik Wijayanto (berdiri) menjadi pembicara pada Bisnis Indonesia Goes To Campus di Universitas Brawijaya, Malang, Rabu (24/5). Foto: Humas BNI

jpnn.com, MALANG - Direktur Enterprise & Commercial Banking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sis Apik Wijayanto menyatakan pemimpin pada era saat ini harus terus mengasah diri dengan mencari informasi dan pengetahuan baru dalam rangka meningkatkan keterampilan.

Menurut Sis Apik, komitmen seorang pemimpin untuk belajar juga dapat menginspirasi tim dan mendorong budaya inovasi di sebuah organisasi.

“Kualifikasi lain yang tidak kalah vital ialah kemampuan beradaptasi. Ketika dunia terus berevolusi, situasi dan tantangan tak terduga yang sebelumnya tidak diprediksi akan lebih sering muncul. Tentunya pemimpin pada era ini juga harus mampu mendorong terjadinya perubahan dan mampu menemukan solusi kreatif,” kata Sis Apik saat menjadi pembicara pada acara Bisnis Indonesia Goes To Campus di Universitas Brawijaya, Malang, Rabu (24/5).

Sis Apik Wijayanto memberikan paparan terkait dengan Modern Leader.

Hadir dalam Bisnis Indonesia Goes To Campus di Universitas Brawijaya itu antara lain, yakni Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unti Ludigdo dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa Setiawan Noerdajasakti, dan Direktur Bisnis Bisnis Indonesia Hery Trianto.

Sis Apik juga mengatakan dengan kemajuan teknologi, pemimpin masa kini harus mampu berkolaborasi dan membentuk inovasi serta problem solving dalam mencapai tujuan organisasi.

Peraih gelar doktor ilmu manajemen dari Unibraw itu menambahkan pemimpin masa kini harus mampu menjaga keseimbangan sebagai pencipta nilai (value creator) dan agen perubahan (agent of development), serta bisa menjaga pertumbuhan bisnis yang stabil dengan mitigasi risiko tetap terjaga.

Sis Apik mencontohkan pelaksanaan transformasi di BNI. Para pemimpin di BNI harus mampu melakukan transformasi demi mempercepat digitalisasi proses bisnis.

Sis Apik Wijayanto menyatakan pemimpin pada era saat ini harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News