Reshuffle Kabinet: 2 Menteri dari Non-Partai Bakal Diganti?

Reshuffle Kabinet: 2 Menteri dari Non-Partai Bakal Diganti?
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP Tri Rismaharini. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dua menteri dari non-partai politik berpotensi besar untuk diganti jika Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat.

Pertama ialah Menteri Kesehatan (Menag) Terawan Agus Putranto.

Analis Kebijakan Publik Abi Rekso berpendapat, selain menteri KKP Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Batubara yang terlibat tindak pidana korupsi, Menkes Terawan juga harus diganti.

Alasan Abi Rekso, kinerja Menkes Terawan yang kurang memuaskan juga mendapat sorotan publik.

"Sektor kesehatan adalah barang publik yang sangat vital bagi masyarakat. Sudah semestinya sejak awal orang yang memimpin Kementerian Kesehatan adalah orang yang selalu bergumul pada problem kesehatan rakyat. Bukan semata-mata orang yang meletakan pelayanan kesehatan sebagai sektor bisnis jasa. Itu bertentangan dengan paradigma keadilan sosial," ucap Sekjen Pergerakan Indonesia ini, beberapa waktu lalu.

Menurut Abi Rekso, komunikasi publik kemenkes selama dipimpin Menteri Terawan juga buruk.

Hal Itu juga, kata Abi, yang membuat Kementerian Kesehatan semakin tidak berperan selama pandemi COVId-19.

Abi Rekso juga menyebutkan hasil suvei sejumlah lembaga.

Survey Datalyst Center menjelaskan dari 2,2 juta pembicaraan publik selama Juli hingga November, nama Terawan mendapatkan 74 persen sentimen yang paling buruk.

Kemudian, Indonesia Political Opinion merilis bahwa 57 persen dari pembicaraan terkait Presiden Jokowi menuntut pencopotan Menteri Terawan.

Dan yang terakhir soal kinerja kementerian yang di rilis Vox Populi Research Center merilis Menteri Terawan kinerja 0,1 persen. Artinya sangat tidak kredibel kinerja-nya sebagai Menteri Kesehatan.

Kedua, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

Sumber JPNN.com menyebutkan, Presiden Jokowi sudah mempertimbangkan untuk mengganti orang nomor satu di kementerian agama.

Presiden Jokowi diperkirakan akan melakukan pergantian menteri atau reshuffle kabinet, siapa saja yang berpeluang besar bakal tergusur?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News