Resmi Akuisisi Newmont, Medco Gelontorkan Rp 34 Triliun

Resmi Akuisisi Newmont, Medco Gelontorkan Rp 34 Triliun
Medco. Foto: Medco

jpnn.com - JAKARTA – PT Newmont Nusa Tenggara akhirnya diakuisisi PT Medco Energi Internasional. Kamis (30/6) kemarin, Medco mengumumkan telah membeli saham PT Amman Mineral Internasional (PT AMI).

PT Amman Mineral International merupakan pemegang 82,2 persen saham PT NNT. Medco mengeluarkan uang USD 2,6 miliar atau sekitar Rp 34 triliun untuk akuisisi tersebut.

Presiden Direktur Medco Energi Hilmi Panigoro menyatakan, akuisisi itu memberikan nilai tambah yang strategis bagi perusahaan. Sebab, PT NNT mempunyai basis operasi yang mendunia.

’’Akuisisi itu memperkuat posisi Medco sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen papan atas di Indonesia,’’ ujarnya.

Ambil alih saham yang dilakukan Medco tergolong unik. Sebab, PT AMI baru mengumumkan pembelian saham PT NNT dari Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation.

Medco tidak menjelaskan lebih detail kapan dan berapa besar transaksi yang diklaim sebagai structured finance terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Saat mengakuisisi saham dari PT AMI, Medco tidak sendirian. Hilmi menyebutkan, Medco Energi Group dan AP Investment bekerja sama dengan dukungan tiga bank BUMN.

Yakni, Bank Mandiri, BNI, dan BRI. ’’Struktur transaksi berkelas dunia diterapkan tiga bank BUMN itu,’’ imbuhnya.

JAKARTA – PT Newmont Nusa Tenggara akhirnya diakuisisi PT Medco Energi Internasional. Kamis (30/6) kemarin, Medco mengumumkan telah membeli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News