Resmi, Pertamina Operasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Komersial Pertama

Resmi, Pertamina Operasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Komersial Pertama
SPKLU komersial pertama milik Pertamina. Foto: antara

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina untuk pertama kalinya mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) komersial di jaringan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) miliknya.

SPKLU yang berada di SPBU Fatmawati, Jakarta Selatan itu diresmikan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-63 Badan Usaha Milik Negara bidang migas tersebut pada 10 Desember ini.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan beroperasinya SPKLU itu merupakan upaya Pertamina dalam mendukung pemerintah mendorong tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik dalam negari.

"Inilah hasil inovasi Pertamina untuk mendukung penggunaan energi bersih dan energi terbarukan di Indonesia sekaligus sebagai persembahan Pertamina pada HUT ke-63,” kata Fajriyah dalam pernyataannya, Kamis.

SPKLU yang terpasang di SPBU Fatmawati ini merupakan Stasiun Pengisian Daya Fast Charging 50 kW, yang mendukung pengisian daya dari berbagai tipe gun mobil listrik di Indonesia.

Hal itu karena SPKLU tersebut dilengkapi oleh beberapa tipe gun atau alat pengisian daya ke kendaraan yang sesuai dengan standar Eropa maupun Jepang.

Antara lain gun CCS2 (Europe standard), Chademo (Japanese standard) dan 65 kW AC berupa 43 kW plug AC Type 2 dan 22 kW inlet AC type 2 yang digunakan untuk mobil listrik di Indonesia saat ini, dan bisa digunakan pada saat bersamaan.

SPKLU itu juga memiliki fasilitas yang dapat mengisi dua kendaraan sekaligus (2 in 1) dengan metode fast charging (pengisian cepat).

PT Pertamina untuk pertama kalinya mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) komersial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News