Resmi Tinggalkan Mercedes, Brawn Menuju Petualangan Baru

Resmi Tinggalkan Mercedes, Brawn Menuju Petualangan Baru
Resmi Tinggalkan Mercedes, Brawn Menuju Petualangan Baru

jpnn.com - LONDON - Spekulasi kepergian Ross Brawn dari Mercedes akhirnya mendapat jawaban Kamis (28/11). Tim berjuluk Silver Arrows itu mengonfirmasi kepergian sang team principal. Ke mana pria asal Inggris itu melangkahkan kakinya menjadi satu hal yang paling ditunggu fans Formula 1?

Kabar mengenai bakal perginya Brawn dari Mercedes sebenarnya santer terdengar sejak awal musim lalu. Saat itu Mercedes mendatangkan Paddy Lowe. Mantan engineer McLaren tersebut melengkapi rencana restrukturisasi kabinet Mercedes yang terlebih dahulu mendatangkan Toto Wolff.

Lowe dipersiapkan mengurusi masalah teknis menjadi team principal menggantikan Brawn. Sedangkan Wolff ditugasi untuk mengurus sisi bisnis tim F1 Mercedes.

"Pertimbangan utama saya dalam mengambil keputusan untuk meninggalkan jabatan team principal ialah memastikan ini adalah momen yang paling tepat bagi tim guna menggapai kesuksesan di masa depan," jelas Brawn dalam rilis resmi Mercedes.

Brawn adalah sosok sentral di Mercedes. Setidaknya sebelum tahun ini ketika Mercedes memiliki rencana restrukturisasi. Mercedes pada awalnya adalah Brawn GP yang mayoritas sahamnya dimiliki Brawn.

Pada 2009, Brawn GP berhasil me­rebut gelar juara dunia pembalap dan konstruktor bersama Jenson Button. Mayoritas saham Brawn GP milik Brawn setelah dia membeli saham tim Honda yang pada akhir musim 2008 meninggalkan F1.

Pada akhir 2009, Brawn menjual mayoritas sahamnya kepada Mercedes. Pada F1 2010, Brawn GP pun berubah nama menjadi Mercedes GP. Pada akhir 2011, Brawn menjual sisa sahamnya ke Mercedes. Sejak itulah, dan puncaknya awal tahun lalu, muncul beberapa tanda bahwa Brawn akan meninggalkan Silver Arrows.

"Perencanaan suksesi kami lakukan sepanjang tahun ini. Sekarang kami siap melakukan transisi, dari tanggung jawab saya kepada pemimpin baru tim yang terdiri atas Toto dan Paddy," papar Brawn.

LONDON - Spekulasi kepergian Ross Brawn dari Mercedes akhirnya mendapat jawaban Kamis (28/11). Tim berjuluk Silver Arrows itu mengonfirmasi kepergian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News