Resmikan Pabrik Esemka, Jokowi Semringah

Resmikan Pabrik Esemka, Jokowi Semringah
Presiden Jokowi meresmikan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, dan sempat mencoba duduk di bangku kemudi, Jumat (6/9). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, BOYOLALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik serta sarana dan prasarana produksi PT Solo Manufaktur Kreasi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang dikenal luas dengan produk Esemka. Jokowi pun tampak semringah ketika duduk di bangku kemudi di sela-sela peninjauan, Jumat (6/9).

Berdirinya pabrik tersebut menandai langkah dan upaya awal bagi kendaraan merek Indonesia ini untuk meningkat ke level manufaktur dan membangun industri otomotif lokal.

"Mobil Esemka ini adalah brand dan principal-nya Indonesia. Ini adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih sepuluh tahun yang lalu oleh para teknisi dan oleh anak-anak SMK," kata Jokowi.

Mantan wali kota Solo itu menyebutkan, peresmian pabrik Esemka tersebut merupakan bentuk dukungannya secara pribadi terhadap pengembangan industri otomotif nasional.

"Banyak yang bertanya kenapa saya mau meresmikan pabrik Esemka ini. Ya karena saya ingin mendukung pengembangan industri otomotif nasional. Mendukung merek lokal, mendukung merek nasional. Itu saja jawabannya," tutur suami Iriana itu.

BACA JUGA: Mengintip Jeroan Mobil Esemka

Menurutnya, berdirinya pabrik baru Esemka ini nantinya akan mendatangkan efek berganda bagi industri-industri lain termasuk industri kecil dan menengah. Esemka diketahui telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan lokal untuk pengadaan suku cadang kendaraan yang diproduksinya.

Selain itu, beroperasinya pabrik tersebut diyakini presiden akan turut menggerakkan ekonomi Kabupaten Boyolali dan sekitarnya. Ada efek berantai yang nantinya akan dirasakan manfaatnya oleh pemasok, industri menengah, kecil, hingga industri rumah tangga.

Jokowi meyakini beroperasinya pabrik Esemka akan turut menggerakkan ekonomi Kabupaten Boyolali dan sekitarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News