Resmikan Paviliun Indonesia, Presiden Jokowi Sebut Indonesia Sebagai Land of Opportunity

Resmikan Paviliun Indonesia, Presiden Jokowi Sebut Indonesia Sebagai Land of Opportunity
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JERMAN - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Paviliun Indonesia pada pameran teknologi industri terbesar di dunia, Hannover Messe 2023 di Fairground Hall 2, Hannover, Jerman pada Senin pagi (17/4) waktu setempat.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyebut Indonesia sebagai Land of Opportunity.

“Selamat datang di Paviliun Indonesia yang didesain khusus seperti kapal tradisional Indonesia, Kapal Pinisi. Kami ingin menghadirkan semangat Indonesia dalam mengarungi tantangan masa depan. Kapal ini memiliki kompas yang kami namakan peta jalan Making Indonesia 4.0, sebagai navigator transformasi industri di Indonesia. Saya mengajak Bapak Ibu ke pavilion ini untuk melihat Indonesia sebagai Land of Opportunity dan sebagai hub manufaktur masa depan," ujar Jokowi.

Sehari sebelumnya dalam Pembukaan Hannover Messe 2023, Jokowi menerangkan Making Indonesia 4.0 merupakan tema yang sangat relevan bagi Indonesia, yang sedang bertransformasi ekonomi.

Selama Hannover Messe 2023, sudah ada beberapa perjanjian kerja sama baru yang telah ditandatangani dengan nilai perjanjian sebesar 1,9 miliar US dollar.

“Sudah ada 27 perjanjian kerja sama, yaitu satu antara G to G (Government to Government), empat antara G to B (Government to Business) dan 22 antara B to B (Business to Business). Nilainya mencapai 1,9 miliar US dollar dan diharapkan akan terus bertambah selama beberapa hari ke depan. Nilai ini diharapkan dapat membuka sekitar 80.000 lapangan kerja," ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya.

Setelah peresmian, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan walkabout ke berbagai macam booth industri unggulan Indonesia, serta menghadiri business summit.

Hannover Messe 2023 berlangsung pada 17–21 April di Pusat Pameran Hannover, Niedersachsen, Jerman.

Dalam Pembukaan Hannover Messe 2023, Jokowi menerangkan Making Indonesia 4.0 merupakan tema yang sangat relevan bagi Indonesia, yang sedang bertransformasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News