Resmikan Proyek Dekat Ibu Kota Baru, Menkeu Soroti Besarnya Manfaat SBSN

Resmikan Proyek Dekat Ibu Kota Baru, Menkeu Soroti Besarnya Manfaat SBSN
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tengah bersiap untuk program khusus bagi APBN. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran pimpinan Kementerian Keuangan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) baru pada Kamis (6/1).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga melakukan inspeksi pembangunan proyek jembatan Pulau Balang II yang dibiayai melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), dan melakukan penandatanganan prasasti penanda aset dari proyek tersebut untuk mendukung konektivitas trans Kalimantan.

"Hari ini saya melakukan penandatanganan aset SBSN, yaitu pembangunan Jembatan Pulau Balang II. Ini sekaligus menunjukan berbagai proyek penting yang telah dibiayai oleh sukuk negara," kata Sri Mulyani.

Jembatan Pulau Balang merupakan salah satu proyek yang dibiayai dari SBSN dengan total alokasi sebesar Rp 1,43 triliun, dan dilakukan secara multi year contract (MYC) tahun 2015-2021. Pembangunan ini ditujukan untuk mendukung konektivitas dan dukungan logistik nasional.

Selain itu, juga mendorong akses pertukaran ekonomi antar provinsi dan antar kabupaten di Kalimantan Timur jauh lebih mudah, dan perekonomian lebih terbuka luas.

Melihat manfaat besar dari SBSN itu, Sri Mulyani juga mengapresiasi masyarakat yang telah membeli sukuk negara. Karena sejatinya mereka telah turut mendukung pembangunan infrastruktur di berbagai daerah.

"Bagi masyarakat yang selama ini membeli SBSN, maka anda sudah turut membangun Indonesia, termasuk membangun Jembatan Pulau Balang II ini," kata Menteri

Sebagaimana diketahui, SBSN saat ini menjadi salah satu instrumen fiskal yang strategis dan inovatif. Penerbitan SBSN dimanfaatkan sebagai sumber pembiayaan APBN untuk percepatan pembangunan, sekaligus mendorong pengembangan pasar keuangan syariah dalam negeri.

Melihat manfaat besar dari SBSN itu, Sri Mulyani juga mengapresiasi masyarakat yang telah membeli sukuk negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News