Resmikan Tol Gempol-Pasuruan, Jokowi Ogah Investor Dirugikan

Resmikan Tol Gempol-Pasuruan, Jokowi Ogah Investor Dirugikan
Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan Gubernur Jatim Soekarwo meresmikan Tol Gempol - Pasuruan, Jumat (22/6). Foto: Aryo Mahendro/JawaPos.com

jpnn.com, PASURUAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Gempol-Pasuruan seksi 1 dan 2 di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (22/6). Namun, pemerintah belum memutuskan tarif tol sepanjang 20,5 kilometer itu.

"Ini kan investasi, dikerjakan oleh investor baik oleh BUMN maupun oleh swasta. Oleh sebab itu penentuan tarif jalan tol itu harus berbicara dengan mereka," kata Jokowi.

Tol ruas Gempol-Pasuruan Seksi 1A sepanjang 6,8 km menghubungkan Gempol - Bangil. Sedangkan Seksi 1B sepanjang 7,1 km menghubungkan Bangil - Rembang.

Kedua ruas tol itu mulai dibangun pada Maret 2013. Dengan diresmikannya Tol Gempol - Pasuruan maka total ruas tol yang telah tersambung dari Merak di Banten sampai Pasuruan adalah 920 km

Mantan wali kota Surakarta itu menambahkan, tarif tol harus terjangkau. Namun, tarif tol yang terjangkau juga harus menguntungkan investor.

"Kita tidak ingin investor dirugikan. Kita ingin investor diuntungkan, tapi kita juga ingin masyarakat juga diuntungkan," katanya.

Meski demikian Jokowi meyakini keberadaan tol akan meningkatkan kecepatan mobilitas barang dan distribusi logistik. Dengan demikian harga barang di pasar bisa lebih murah.

"Saya kira semua negara membangun infrastruktur itu arahnya ke sana semuanya," pungkasnya.(fat/jpnn)


Presiden Jokowi meresmikan Tol Gempol - Pasuruan sepanjang 20,5 kilometer. Total panjang tol yang telah tersambung dari Merak sampai Pasuruan adalah 920 Km.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News