Respons Pertamina Sangat Membantu Evakuasi Korban Bencana

Respons Pertamina Sangat Membantu Evakuasi Korban Bencana
Bahan bakar minyak (BBM) yang disiapkan Pertamina. Foto dok Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengaku sangat terbantu dengan gerak cepat Pertamina dalam menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Sulawesi Tengah, khususnya di wilayah yang terkena bencana seperti Palu dan Donggala. Menurutnya, pasokan BBM pada masa tanggap darurat telah memperlancar proses evakuasi korban.

“Pasokan BBM sangat mendukung pencarian dan penyelamatan. Ekskavator-ekskavator bisa berjalan karena bahan bakar, truk mengangkut logistik sudah mulai jalan, kendaraan operasional dan pendukung sudah bisa berjalan karena kebutuhan bahan bakar sudah bisa jalan,” ujar Willem dalam keterangan ke media, Sabtu (6/10).

Lebih lanjut Willem mengatakan, suasana Palu pada tiga hari pertama pascabencana lumpuh total. Menurutnya, gempa yang diikuti tsunami telah menimbulkan dampak yang luar biasa bagi ibu kota Sulawesi Tengah itu.

Hingga hari ini jumlah korban sudah lebih dari 1.500 orang. Proses evakuasi pun terus berjalan.

“Dan untuk melakukan upaya tanggap darurat kami membutuhkan energi. Lima hari pertama kami tidak dapat berbuat banyak, mobil sulit untuk BBM, sulit untuk berkomunikasi karena jaringan seluler semuanya mati,” ujar Willem.

Namun, proses tanggap darurat mulai berjalan baik ketika Pertamina mengirim BBM dan menjamin pasokannya. “Kami sampaikan terima kasih kepada Pertamina atas usaha kerja kerasnya sehingga masalah BBM bisa teratasi,” tuturnya.

Apresiasi untuk Pertamina juga datang dari Menteri ESDM Ignasius Jonan. Sebelumnya Jonan mengunjungi Posko Pertamina dan menyampaikan apresiasinya untuk gerak cepat BUMN pelat merah itu dalam menjamin pasokan BBM di daerah bencana.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pertamina, karena sudah bekerja lebih untuk membantu BNPB dan Basarnas dengan memastikan kebutuhan BBM untuk kendaraan operasi evakuasi dan pencarian,” katanya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengaku sangat terbantu dengan gerak cepat Pertamina dalam menjamin pasokan BBM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News