Respons Politikus PKS Soal Rencana Pemerintah Impor Rektor

Respons Politikus PKS Soal Rencana Pemerintah Impor Rektor
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih memberikan respons menohok menyikapi ide pemerintahan Joko Widodo alias Jokowi, mendatangkan rektor asing untuk sejumlah Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

"Kita mengkhawatirkan intervensi asing di era sekarang, malah kita impor rektor. Kita menguatkan nasionalisme, jawabannya kok impor rektor?" ucap Fikri saat dikonfirmasi JPNN.com, Selasa (30/7).

Dia heran dengan ide pemerintah ini, karena sebelumnya dosen, mahasiswa dan semua civitas akademika di Perguruan Tinggi (PT) nasional dicurigai dan di-screening dari ideologi asing, tetapi sekarang malah memberi kelonggaran pada warga asing.

BACA JUGA: Perseru Badak Lampung FC Resmi Tunjuk Milan Petrovic sebagai Pelatih Baru

"Kok malah kita longgar dengan warga asing yang jelas mereka tak akan bisa menanamkan nilai-nilai ideologi negara kita," tegas politikus PKS itu.

Faqih juga bertanya-tanya apakah benar bangsa ini tidak punya rektor yang berkualitas, sehingga harus mengimpor mereka dari negara lain. Lantas bagaimana dengan WNI yang tak mau pulang dari negara orang karena tidak diakomodasi kemampuannya.

BACA JUGA: Jokowi Harus Berani Memilih Jaksa Agung dari Profesional, Bukan Kader Parpol

"Apa tidak sebaiknya fenomena brain drain ini diatasi dengan mengundang mereka pulang? Sebaiknya jangan impor. Sebab tentu akan bikin kisruh di kalangan akademisi yang sampai sekarang masih banyak hal yang belum bisa diselesaikan," tutur Fikri.

Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih memberikan respons menohok menyikapi ide pemerintahan Joko Widodo alias Jokowi, mendatangkan rektor asing untuk sejumlah Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News