Resto Kurosawa, Sisi Lain Kreativitas Sutradara Legendaris Asia

Disambut Tiga Pot Sakura, Mi Toba Paling Favorit

Resto Kurosawa, Sisi Lain Kreativitas Sutradara Legendaris Asia
Akira Kurosawa di Restoran Kurosawa.
Akira Kurosawa adalah legenda dunia film dari Jepang. Selain pernah menjadi "Man of the Century" Asia, dia meraih Oscar untuk pencapaiannya itu. Yang tak banyak diketahui, dia juga sukses "menyutradarai" kuliner  di empat restorannya.

 

  ROHMAN BUDIJANTO-Tokyo
 

SAKURA terlambat mekar di Jepang. Padahal, melihat sakura adalah favorit kebanyakan orang asing yang berkunjung di negeri itu.

 

Maret biasanya suhu agak hangat dan sakura bermekaran di seluruh negeri. Tapi, kali ini hawa dingin agak berkepanjangan, suhu berkisar 4"7 derajat Celsius. Hujan salju masih turun di beberapa wilayah.

 

Saya sempat gembira ketika melihat foto utama Yomiuri Shimbun, harian utama di Jepang, memuat sakura mekar dengan indahnya di taman. Ini dia. Tetapi, setelah membaca keterangan foto koran edisi Inggris itu ternyata yang mekar duluan adalah sakura di dekat Gedung Putih, Washington DC, saya menjadi kecewa. Sekitar seratus tahun lalu pohon sakura ditanam di ibu kota Amerika Serikat itu sebagai hadiah dari wali kota Tokyo kepada ibu negara Amerika.

Akira Kurosawa adalah legenda dunia film dari Jepang. Selain pernah menjadi "Man of the Century" Asia, dia meraih Oscar untuk pencapaiannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News