Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek Diharapkan Dukung Pemulihan Ekonomi Lokal

Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek Diharapkan Dukung Pemulihan Ekonomi Lokal
Pasar PON Trenggalek di Jawa Timur yang telah direvitalisasi Kementerian PUPR. Dokumentasi Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis.

“Diharapkan infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakkan sektor rill atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Basuki dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (12/2).

Pasar Pon mulai dibangun Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya sejak 10 Januari 2020 setelah rusak terbakar pada 2018. Konstruksi bangunan pasar telah selesai 100 persen dan telah diserahkelolakan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek.

"Selesainya revitalisasi pasar tersebut diharapkan menjadi sarana pendorong percepatan pemulihan ekonomi lokal yang terdampak pandemi Covid-19," katanya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, Pasar Pon Trenggalek dibangun dengan desain ikonik agar menjadi landmark baru Trenggalek.

Menerapkan prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH), pasar tersebut diharapkan mampu mengurangi biaya operasional dan perawatan.

"Pasar yang telah dibangun agar dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik dan predikat BGH madya yang telah dicapai sebaiknya dipertahankan," katanya.

Konsep revitalisasi Pasar Pon disesuaikan dengan keselarasan lingkungan yang mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dengan desain ikonik bergaya Eropa. Seluruh kegiatan mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan juga melibatkan Pemkab Trenggalek.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap revitalisasi Pasar Pon Trenggalek di Jawa Timur (Jatim) mendukung pemulihan ekonomi lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News