Revitalisasi Pramuka Melalui Permainan Bahari

Revitalisasi Pramuka Melalui Permainan Bahari
Revitalisasi Pramuka Melalui Permainan Bahari
BELITUNG -- Menyusul disahkannya Undang-undang Pramuka oleh DPR Oktober lalu, Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka melakukan berbagai cara untuk lebih meningkatkan minat pemuda terhadap organisasi kepanduan ini. Salah satu pola yang kini dikembangkan Kwarnas adalah mengembangkan kepramukaan berdasarkan kegemaran dan potensi alam yang ada.

Salah satu contohnya, Jumat (5/11) hingga Minggu (7/11)  Kwarnas menggelar Kemah Wartawan dan Pramuka di Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Kegiatan ini diisi dengan pengukuhan puluhan anggota Satuan Kerja (Saka) Bahari, Kwartir Cabang (Kwarcab) Belitung.

Pengukuhan ini sendiri merupakan bagian dari strategi revitalsasi pramuka melalui kegemaran dan sumber daya yang ada. Belitung sejak dulu dikenal sebagai kawasan kepulauan dengan potensi perairan yang melimpah. Selain itu budaya maritim merupakan keseharian yang menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat kepulauan kaya timah itu.

Berangkat dari kegemaran dan potensi inilah Kwarnas merangkul para pemuda setempat menjadi anggota Saka Bahari. Melalui berbagai permainan dan kegemaran mengenai laut, nilai-nilai kepanduan ditanamkan dan kemudian melantik Kwarcab Negeri Laskar Pelangi ini.

BELITUNG -- Menyusul disahkannya Undang-undang Pramuka oleh DPR Oktober lalu, Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka melakukan berbagai cara untuk lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News