RI-Austria Sepakat Memperkuat Kerja Sama Pengembangan BLK Maritim di BBPVP Makassar

RI-Austria Sepakat Memperkuat Kerja Sama Pengembangan BLK Maritim di BBPVP Makassar
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (tengah, depan) saat menghadiri acara peresmian gedung BLK Maritim di BBPVP Makassar pada Selasa (7/5). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MAKASSAR -  Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Pemerintah Austria sepakat mempererat kerja sama bidang pelatihan vokasi dan pelatihan berbasis kerja melalui bantuan peningkatan kompetensi tenaga kerja di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan kerja sama inauguration of school operation BLK Maritim di Makasaar ini menyusul BBPVP Medan (17 Mei 2022), BPVP Serang (17 Oktober 2023), dan akan segera diikuti di BBPVP Banyuwangi, Jawa Timur pada September 2024.

"Pengembangan BLK maritim ini disiapkan untuk mengembangkan pekerja yang mampu menjawab kesempatan kerja yang dibangun pemerintah Indonesia dan Austria, " kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan resminya, Selasa (7/5).

Menaker Ida Fauziyah juga menyampaikan inauguration of school operation BLK Maritim ini menandai seluruh pembangunan workshop pengadaan peralatan pelatihan dan pengembangan lima program kejuruan.

Kelima program kejuruan tersebut, yakni listrik, otomotif, las, wood working, dan manufaktur sudah sepenuhnya selesai sehingga pelaksanaan program pelatihan tersebut bagi pencari kerja dapat segera dilaksanakan.

"Melalui BLK maritim ini, salah satu kerja sama dengan Austria, kami ingin mendorong prioritas pengembangan sektor maritim," terang Menaker Ida.

Dia berharap kerja sama ini dapat menjadi saksi dan komitmea bersama dalam berkolaborasi untuk peningkatan kompetensi dan daya saing SDM di Indonesia.

Pelaksana tugas Dirjen Binalavotas Kemnaker Anwar Sanusi mengungkapkan dalam kerja sama dengan skema pinjaman lunak ini, 20 orang instruktur telah mengikuti pelatihan Training of Trainers (ToT) di Austria secara bertahap.

Pengembangan BLK maritim ini disiapkan untuk mengembangkan pekerja yang mampu menjawab kesempatan kerja yang dibangun pemerintah Indonesia dan Austria

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News