RI Disarankan Belajar ke Argentina

RI Disarankan Belajar ke Argentina
RI Disarankan Belajar ke Argentina
JAKARTA - Duta Besar Argentina untuk Indonesia Javier A Sanz de Urquiza menyarankan pemerintah Indonesia sebaiknya belajar ke negaranya untuk mempelajari skema penjadwalan pembayaran utang luar negeri. "Soal kebijakan skema penjadwalan pembayaran utang luar negeri silakan Indonesia belajar ke Argentina karena kita berhasil," kata Dubes Argentina, kepada Ketua MPR Taufiq Kiemas dalam pertemuannya yang berlangsung di Gedung MPR, Senayan Jakarta, Senin (18/1).

Javier menjelaskan, Argentina berhasil lepas dari lilitan utang luar negeri yang sangat berat, yakni mencapai $300 miliar AS. Tetapi pemerintah Argentina bertekad kuat untuk keluar dari krisis itu. Akhirnya, pemerintah Argentina berhasil melakukan skema penjadwalan pembayaran utang luar negeri dalam waktu 10 tahun.

Diceritakan, pada awalnya kebijakan yang ditempuh pemerintah tidak berjalan mulus, karena banyak perbedaan pendapat yang muncul, terutama antara pemerintah dengan Bank Sentral Argentina. “Tetapi karena kami sudah bertekad untuk keluar dari belitan utang luar negeri, semua perbedaan pendapat bisa kami atasi,” imbuh Javier.

Sementara Ketua MPR Taufiq Kiemas menyambut baik undangan pemerintah Argentina itu. “Mudah-mudahan nanti bulan April kami bisa berkunjung ke Argentina untuk mempelajari kebijakan Argentina dalam melakukan skema penjadwalan pembayaran utang luar negeri,” ujar Ketua MPR yang akrab disapa TK itu.

JAKARTA - Duta Besar Argentina untuk Indonesia Javier A Sanz de Urquiza menyarankan pemerintah Indonesia sebaiknya belajar ke negaranya untuk mempelajari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News