RI Jadi Model di Forum G-20

RI Jadi Model di Forum G-20
RI Jadi Model di Forum G-20
JAKARTA –  Indonesia mendapat apresiasi dalam forum G-20 di London pekan lalu.  Di mata peserta forum, Indonesia merupakan contoh negara yang mampu bertahan dalam krisis global.  Itu sebabnya, usulan Indonesia tentang upaya penyelamatan dari dampak krisis global diterima.

“Dari G-20 itu, ternyata Indonesia menjadi salah satu model di negara-negara berkembang yang tetap bisa survive. Kita mengungguli Singapura yang minus 10 persen, juga Korea dan Malaysia. Kita masih punya growth kira-kira 4 persen. Menurut saya itu sudah sangat bagus,” ujar Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, MS Hidayat yang ikut dalam pertemuan itu.

Berdasarkan pengamatannya, hampir semua kepala negara G-20 menjadikan Indonesia sebagai model negara berkembang yang bisa survive di saat krisis. Dari sisi regulasi, secara makro Indonesia dinilai bagus dalam mengangani krisis. Dan sebagai bentuk apresiasi, Indonesia diberi kesempatan mempresentasikan pandangannya. “Indonesia menjadi salah satu presenter,” terangnya.

Dengan begitu, usulan Indonesia di forum G-20 pun mendapat respon. Yaitu dalam skema penyelesaian restrukturisasi finansial global. Usulan itu diharapkan bisa menjadi resep untuk mengatasi krisis global. “Diantaranya langkah melakukan sistem stimulus, membuat regulasi baru terhadap sistem finansial global, dan desakan bank-bank global untuk mengalirkan kembali dana-dana kredit ke negara berkembang,” tegasnya.

JAKARTA –  Indonesia mendapat apresiasi dalam forum G-20 di London pekan lalu.  Di mata peserta forum, Indonesia merupakan contoh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News