Ribuan Buruh Mulai Serbu Istana Negara

Ribuan Buruh Mulai Serbu Istana Negara
PENUH: Ribuan buruh berunjuk rasa di depan Istana Negara Rabu (6/2). FOTO : Ade Sinuhaji / JPNN
JAKARTA - Sekitar 12 ribu Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) yang sudah berada Bundaran HI mulau bergerak. Panas terik tidak menghalangi mereka berjalan kaki dari Bundaran HI menuju ke Istana Negara di Jalan Merdeka Barat. Di antara mereka juga ada yang berkendaraan roda dua dan mobil terbuka. Sembari berjalan, mereka terus meneriakan aspirasi para buruh.

Dalam aksinya, Rabu (6/2), para buruh mendesak agar pemerinta segera mengeluarkan Rancangan Peraturan Pemerintah soal upah buruh dan Rancangan Peraturaturan Presiden tentang jaminan kesehatan dan iyuran.

"Kedua aturan tersebut mestinya sudah selesai 1 Nopember 2012 lalu. Menunda regulasi bagi buruh sama dengan mendiskreditkan jutaan buruh di Indonesia," teriak salah seorang orator dari mobil bak terbuka.

Selain itu, dari kendaraan bak terbuka lainnya juga terdengar orasi para buruh menolak instruksi presiden (Inpres) tentang Kamtibnas RUU Kamnas. "Aturan itu akan membatasi kebebasan berekspresi para buruh dalam meneriakan hak-haknya," tegas mereka.

JAKARTA - Sekitar 12 ribu Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) yang sudah berada Bundaran HI mulau bergerak. Panas terik tidak menghalangi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News