Ribuan Calon PPPK 2023 Memang Harus Ribet, tetapi Setelah Itu Potong Kambing

Ribuan Calon PPPK 2023 Memang Harus Ribet, tetapi Setelah Itu Potong Kambing
ASN terdiri dari PNS dan PPPK. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - AMBON - Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Maluku pada awal 2024 ini melayani 2.000 orang untuk menjalani tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).

Hasil tes MMPI akan digunakan sebagai dokumen untuk mengurus pemberkasan NIP PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023.

"Untuk tes kali ini, umumnya diikuti oleh calon PPPK guru dan tenaga kesehatan," ujar Kepala Tata Usaha (KTU) RSKD Maluku Hendri Aypassa di Ambon, Kamis (4/1).

Hendri menjelaskan, angka tersebut merupakan jumlah pendaftar PPPK lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, belum termasuk yang ada di Kabupaten Maluku Tengah, Buru, Seram Bagian Timur dan Maluku Barat Daya.

"Kalau dari Maluku Tengah sendiri rencananya akan ada 800 peserta yang mengikuti tes ini," katanya.

Hendri menjelaskan bahwa materi tes kejiwaan yang diberikan merupakan tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).

Tes MMPI merupakan prosedur yang dibuat untuk menentukan atau mendeteksi gangguan mental pada seseorang. Hasilnya ditentukan dalam skala 0-9, tergantung pada jenis masalah yang mendasari.

"Hal itu merupakan salah satu persyaratan utama bagi seluruh PPPK tenaga guru dan kesehatan untuk kelengkapan pemberkasan pegawai," katanya.

Para peserta seleksi PPPK 2023 yang sudah dinyatakan lulus seleksi harus memenuhi beragam persyaratan pemberkasan untuk penetapan NIP PPPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News