Ribuan Peserta dari Berbagai Komunitas Ramaikan GPN di Kuningan

Ribuan Peserta dari Berbagai Komunitas Ramaikan GPN di Kuningan
Menpora Imam Nahrawi saat lepas Gowes Pesona Nusantara. Foto: ist for jpnn

jpnn.com, KUNINGAN - Kota Kuningan Jawa Barat siap mensukseskan Gowes Pesona Nusantara 2017 yang akan berlangsung pada Minggu.

"Kami perkirakan ribuan peserta yang terdiri dari berbagai komunitas sepeda di Kuningan, Cirebon, Ciamis dan daerah disekitar akan turut meramaikan acara besok," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kuningan Jaka Chaerul di Kuningan Jawa Barat, Sabtu.

Jaka menjelaskan selain menggelar gowes Kuningan dengan tema "Naskah Ligarjati", dan seperti kabupaten/kota lainnya, kabupaten Kuningan Jawa Barat juga melakukan prosesi pengambilan air dan tanah yang nantinya akan disatukan menjadi monumen tanah air pada puncak peringatan HAORNAS 2017 di Magelang.

Pengambilan air berlangsung di mata air situs Patilasan Prabu Siliwangi di 7 sumur yang berada didalam kompleks pemandian Cibulan. Berbagai prosesi adat dilakukan sebelum pengambilan air yang berasal dari sumur kejayaan, keselamatan, pengabulan, kemulyaan, cisadane, cirencana dan kemudahan itu.

Prosesi adat dibuka oleh para penari yang menarikan tari upacara adat dan proses selanjutnya prosesi pengambilan air dilakukan oleh pak Suhada selaku kunce atau juru kunci situs patilasan.

Pengambilan tanah berlangsung di gedung perundingan Linggarjati yang berada di Kampung Cipaku Desa Linggarjati Cilimus. Pengambilan tanah di Linggarjati dilakukan sebagi tanah sejarah cikal bakal NKRI melalui perundingan yang dilakukan oleh para pendiri bangsa.

Sekretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Bambang Laksono menambahkan pengambilan air dan tanah di tempat sejarah sangat sakral karena di ambil dari tempat bersejarah berdirinya bangsa Indonesia.

"Olahraga tidak lepas dari pariwisata. Alhamdulillah melalui olahraga kita bisa mengenal sejarah. Ini sesuai dengan Pembudayaan Olahraga," demikian Bambang.(jpnn)



Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News