Ribuan Petani Demo Kantor Bupati Buol

Minta Penyelesaian Sengketa Lahan Sawit dengan PT HIP

Ribuan Petani Demo Kantor Bupati Buol
Ribuan Petani Demo Kantor Bupati Buol
BUOL - Ribuan massa yang mengatasnamakan diri Forum Tani Buol (FTB) dan Aliansi Gerakan Agraria (AGRA) Senin (4/2) melakukan aksi unjukrasa di Kantor Bupati Buol, Sulawesi Tengah. Massa menuntut janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol untuk menyelesaikan sengketa lahan yang dikuasai  oleh PT HIP dengan luas kurang lebih 4.500 ha, terhitung sejak awal Januari lalu.

Massa yang rata-rata adalah petani mendatangi kantor Bupati Buol tepat pukul 09.00 wita dengan berjalan kaki sejauh 5 km dengan tertib dan aman di kawal pihak Polres Buol, yakni berangkat dari kelurahan kali dan melewati kantor DPRD serta 10 kantor pemerintah yang lainnya.

Masa yang dipimpin Koordinator Lapangan (korlap) Suharto melakukan orasi di kantor Bupati menuntut Pemkab agar segera menyelesaikan konflik dengan memastikan tanah yang menjadi konflik dikembalikan kepada rakyat sesuai kesepakatan antara PT HIP dengan FTB.

Massa mendesak Pemkab Buol untuk memberikan perlindungan dan memastikan seluruh hak petani plasma, mendesak Pemkab Buol untuk menghentikan monopoli dan perampasan tanah oleh perusahaan-perusahaan, baik untuk perkebunan maupun pertambangan. Massa juga mendesak mendesak Pemkab Buol untuk mengambil alih penanaman kelapa sawit PT HIP diluar hak guna usaha (HGU) untuk kesejahteraan rakyat.

BUOL - Ribuan massa yang mengatasnamakan diri Forum Tani Buol (FTB) dan Aliansi Gerakan Agraria (AGRA) Senin (4/2) melakukan aksi unjukrasa di Kantor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News