Ribuan Tambak Udang Mati Suri

Ribuan Tambak Udang Mati Suri
Ribuan Tambak Udang Mati Suri
BANDUNG-  Ribuan tambak udang di Jawa Barat seperti mati suri karena tidak dioperasikan oleh pemiliknya. Dari sekitar 75 ribu hektar tambak udang yang tersebar di Jawa Barat, hanya 40 persennya saja yang beroperasi.

Hal itu terjadi akibat meruginya sejumlah petani udang yang diakibatkan anjloknya hasil produksi. Padahal, awalnya Jawa Barat dikenal sebagai daerah penghasil udang berkualitas. Merosotnya hasil produksi udang dikarenakan faktor serangan hama penyakit yang terjadi sejak tahun 90-an. Akibatnya, para petani mulai meninggalkan budidaya udang karena terus mengalami kerugian.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Barat Ahmad Hadadi, mengatakan bahwa kemerosotan hasil udang dikarenakan para petani memilih meninggalkan tambaknya begitu saja. Ribuan hektar tambak udang yang banyak tersebar di wilayah Pantai Utara Jawa Barat itupun akhirnya tak beroperasi.

"Total luas tambak udang di Jabar sekitar 75 ribu hektar, tapi yang beroperasi hanya sekitar 40 persen saja. Sekitar 45 ribu hektar lainnya dibiarkan begitu saja," kata Ahmad kepada wartawan.

BANDUNG-  Ribuan tambak udang di Jawa Barat seperti mati suri karena tidak dioperasikan oleh pemiliknya. Dari sekitar 75 ribu hektar tambak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News