Ribuan Tenaga Kesehatan di Daerah Ini Belum Divaksin Covid-19, Semoga Tidak Terpapar

Ribuan Tenaga Kesehatan di Daerah Ini Belum Divaksin Covid-19, Semoga Tidak Terpapar
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana. Foto: Radar Bandung

jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Ribuan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, belum melakukan vaksinasi Covid-19.

Dari total 6.248 nakes yang sudah terdaftar di Kemenkes atau kurang lebih 7.806 nakes yang terdaftar dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI-SDMK), baru 2.601 yang menjalani vaksinasi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana, dalam pelaksanaan vaksinasi ada beberapa hambatan sehingga vaksinasi harus tertunda.

Antara lain, karena  hasil screening tenaga kesehatan yang tidak selalu baik, selain itu ada juga tenaga kesehatan yang pernah terpapar Covid-19 sehingga tidak bisa mendapatkan vaksinasi.

“Kami sambil berjalan, kalau yang tidak bisa atau tertunda nanti kemungkinan diulang kembali. Nanti kalau dari screeningnya lolos, ya bisa lakukan kembali. Ditunda saat itu, mungkin karena kesehatannya sedang tidak baik,” ujar Grace, Kamis (28/1).

Kategori tidak lulus screening awal pravaksinasi, menurut Grace, rata-rata yang tensi darahnya tinggi. Standarnya tidak boleh lebih dari 140/90.

“Kalau yang lebih dari itu tunda dulu, walaupun sudah ada fase istirahat dulu,” jelas Grace.

Setiap nakes disuntik vaksin sebanyak dua kali. Untuk tahap pertama Kabupaten Bandung sudah menerima 7.560 dosis vaksin, dan tahap kedua kembali menerima 7.560 vaksin.

Dari total 6.248 tenaga kesehatan yang sudah terdaftar di Kemenkes, baru 2.601 yang menjalani vaksinasi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News