Ribuan Umat Buddha Bakal Rayakan Kathina Bersama di Jakarta

Ribuan Umat Buddha Bakal Rayakan Kathina Bersama di Jakarta
Ribuan Umat Buddha Bakal Rayakan Kathina Bersama di Jakarta

jpnn.com - JAKARTA - Ribuan umat Buddha bakal menghadiri perayaan Kathina Bersama 2016 di Arena Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (23/10) mendatang. Kegiatan ini diharapkan memberi makna yang lebih mendalam bagi umat Buddha dan seluruh masyarakat Indonesia. 

"Kami mengharapkan kedatangan umat Buddha Minggu 23 Oktober ini jam 7.30 pagi di Hall D2 Jiexpo Kemayoran untuk dapat ikut memanfaatkan sebaik baiknya momen istimewa ini. Hal ini merupakan kesempatan emas bagi umat karena kegiatan Kathina yang dilaksanakan bersifat nasional," kata Bhante Khanit Sannano di Jakarta, Rabu (19/10).

Dijelaskannya, kegiatan ini akan dihadiri lebih dari 88 Bhikkhu Sangha. Prosesinya meliputi, Pindapata Massal, Fangsen dan perayaan Kathina Bersama. "Seluruh hasil pindapatta dan Kathina Bersama yang terkumpul akan diberikan untuk vihara-vihara di daerah yang membutuhkan," jelasnya.

Dia berharap, umat Buddha di tanah air ikut serta merayakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Buddha di seluruh dunia, bahkan dianggap sebagai bulan yang penuh dengan berkah.

Dalam perayaan yang hanya satu tahun sekali ini, umat Buddha dapat mempersembahkan dana berupa jubah (civara) dan barang-barang keperluan Bhikkhu sehari–hari, seperti handuk, sabun, odol, sikat gigi, pisau cukur, obat–obatan, makanan perlengkapan vihara serta catupaccaya (dana berupa uang) kepada anggota Sangha yang telah menyelesaikan masa vassa-nya.

Dikatakannya, Kathina adalah bulan dimana anggota Sangha selama tiga bulan masa vassa tidak melakukan perjalanan dan menetap di vihara akan kembali melakukan perjalanan.

Masa vassa dijalankan oleh anggota Sangha hanya satu kali dalam setahun. Maka dari itu, sangatlah disayangkan jika perayaan Kathina Dana ini dilewatkan oleh umat Buddha.

Acara Pindapata dan kathina bersama ini diadakan oleh Hemadhiro Mettavati dan Yayasan Trisaranagamana. Tujuannya keperdulian terhadap vihara– vihara di pedesaan dan pelosok wilayah Indonesia yang masih kurang dalam hal dana dan prasarana dalam menjalankan kegiatan sehari–hari.

JAKARTA - Ribuan umat Buddha bakal menghadiri perayaan Kathina Bersama 2016 di Arena Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (23/10) mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News