Ribuan Umat Hindu Mencebur ke Sungai Gangga, Ada yang Bawa Pedang dan Trisula

Ribuan Umat Hindu Mencebur ke Sungai Gangga, Ada yang Bawa Pedang dan Trisula
Puluhan ribu umat Hindu mencebur ke sungai Gangga dalam perayaan Kumbh Mela atau festival kendi di India. Foto: Reuters

jpnn.com, HARIDWAR - Puluhan ribu umat Hindu mencebur ke sungai Gangga di India pada Kamis (11/4), menandai dimulainya rangkaian salah satu perayaan keagamaan terbesar di dunia.

Kaum zuhud Hindu yang dikenal sebagai Naga sadhus, sebagian memegang pedang atau trisula, memimpin orang-orang untuk mandi suci dalam festival kendi, Kumbh Mela di kota Haridwar.

Semua peserta di acara tahun ini, yang berlangsung hingga akhir April, diminta untuk menunjukkan hasil tes virus corona negatif sebelum diizinkan masuk ke tempat festival.

Namun aturan jaga jarak seakan tidak berlaku lagi ketika para peserta mandi kudus itu berdesak-desakan di tepi sungai.

Umat Hindu yang taat percaya bahwa mandi di air Sungai Gangga membebaskan orang dari dosa. Selama Kumbh Mela, aktivitas itu juga membawa keselamatan dari siklus hidup dan mati.

Lebih dari 22.000 orang telah mandi di sungai suci itu pada pukul 0800 waktu setempat (0230 GMT), satu jumlah yang dipastikan meningkat secara signifikan sepanjang hari.

Pihak berwenang mengatakan bahwa lebih dari 100 juta orang menghadiri festival itu pada 2019, terakhir kali diadakan. Diperkirakan angka tahun ini akan lebih sedikit.

India telah melonggarkan hampir semua pembatasan pergerakan terkait pencegahan COVID-19 sejak September, termasuk pembukaan kembali stadion yang luas untuk pertandingan kriket, salah satu obsesi nasional negara itu.

Lebih dari 22.000 orang telah masuk ke sungai suci itu pada pukul 0800 waktu setempat (0230 GMT), satu jumlah yang dipastikan meningkat secara signifikan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News