Umat Hindu India Padati Sungai Gangga

Gelar Ritual Kumbh Mela

Umat Hindu India Padati Sungai Gangga
Foto : Telegraph.Co.Uk
HARIDWAR -Jutaan warga India memadati tepian Sungai Gangga di bagian utara India dalam rangkaian upacara keagamaan yang disebut Kumbh Mela. Bagi umat Hindu di India, Kumbh Mela merupakan ritual mandi di sungai yang diangap suci setiap tiga tahun sekali. Acara itu menjadi acara pertemuan keagaaman terbesar di dunia.

Seperti diberitakan harian Daily Telegraph, Para peziarah sudah mulai memedati tepian sungai Gangga sejak beberapa minggu lalu, dan mandi sebagai ritual harian sebelum acara puncak pada 14 April nanti sudah mulai dilakukan. Peziarah berasal dari seluruh penjuru India baik dalam rombongan keluarga maupun kelompok, dan berasal dari beragam latar belakang, kaya maupun miskin, pengusaha maupun petani, serta orang-orang berbalut jubah kuning yang dianggap suci .

Bagi umat Hindu, tiga bulan sebelum puncak festival Kumbh Mela digelar maka mandi di Sungai Gangga merupakan acara suci yang menawarkan mereka kesempatan untuk menghilangkan dosa sekaligus menghapuskan siklus karma tentang kematian dan reinkarnasi.

Sekalipun acara massal di India sebenarnya sudah hal biasa, namun festival Kumbh Mela tetap dianggap berbeda. Jutaan orang ikut ritual mulai Kamis ini, yang merupakan hari utama dari empat hari pembasuhan yang dianggap membawa berkah.

Kumbh Mela merupakan upacara peringatan tentang pertemuran antara dewa dan roh jahat dalam memperebutkan kendi berisi air keabadian. Selama para dewa berjuang, beberapa tetes air terjatuh di empat tempat berbeda di India yakni Allahabad di negara bagian Uttar Pradesh, Haridwar di Uttarakhand, Ujjain di Madhya Pradesh dan Nasik di Maharashtra.

HARIDWAR -Jutaan warga India memadati tepian Sungai Gangga di bagian utara India dalam rangkaian upacara keagamaan yang disebut Kumbh Mela. Bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News