Ridwan Kamil Beri Solusi Pengentasan Gizi Buruk di Jabar

Ridwan Kamil Beri Solusi Pengentasan Gizi Buruk di Jabar
Ridwan Kamil. Foto for jpnn

jpnn.com, PURWAKARTA - Calon Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjenguk Hasanudin (18) yang menderita gizi buruk tidak bisa beraktifitas.

Karena penyakitnya itu, Hasanudin hanya bisa beristirahat di atas kasur.

Penyakit ini pula yang membuat anak bungsu dari empat bersaudara itu tak bisa melanjutkan sekolahnya ke jenjang SMP. Belum lagi keterbatasan ekonomi yang membuat pengobatan Hasanudin semakin sulit.

“Ayah kerja mancing, ibu hanya seorang ibu rumah tangga. Kegiatan saya sehari-hari paling cuma tiduran saja,” tutur Hasanudin kepada Ridwan Kamil, Jumat (11/5).

Kini Hasanudin dirawat di rumah pamannya, Bayu di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. Menurut Bayu, langkah ini ditempuh agar akses pengobatan Hasanudin, lebih mudah.

“Ketahuannya kan baru dua atau tiga tahun yang lalu, cuma di sana berobat susah. Kalau mau ke Kota Purwakarta harus menghabiskan waktu 1,5 jam, itu pun pakai perahu dulu, kalau di sini kan lebih dekat (ke dokter),” kata dia.

Bayu berharap ada penanganan yang lebih lanjut agar keponakannya bisa segera sembuh. “Selama ini juga sudah sering melaporkan, tapi tetap enggak ada respon, dari pemerintah kabupaten Purwakarta” ucap dia.

Kondisi Hasanudin dibenarkan dr. Reza Rinaldi, yang memeriksanya. Di usia 18 tahun, Hasanudin hanya memiliki berat badan 20 kg, jauh dari angka yang ideal.

Ketahuannya kan baru dua atau tiga tahun yang lalu, cuma di sana berobat susah. Kalau mau ke Kota Purwakarta harus menghabiskan waktu 1,5 jam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News