RIdwan Kamil Genjot Percepatan Program dan SDM di Desa

RIdwan Kamil Genjot Percepatan Program dan SDM di Desa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Pemprov Jabar)

jpnn.com, BANDUNG - Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bakal melakukan percepatan program-program pengembangan desa di 2020 mendatang. Tidak hanya itu, dia juga akan menggenjot kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di pedesaan.

”Saya berharap, di 2020 akselerasi ini bisa menghasilkan desa di Jabar juara lahir batin,” ujar Ridwan Kamil usai menghadiri Musda IV DPD Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat, di Kota Bandung, kemarin (29/11/2019).

Selama satu tahun memimpin Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, dia pun telah menelurkan sejumlah program untuk mendorong kemajuan desa. Di antaranya: Satu Desa Satu Perusahaan, mengirimkan milenial dengan Program Patriot Desa, Desa Digital, hingga Pusat Digital Desa di balai desa.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku, beragam program yang dia buat, mendorong pendekatan teknologi untuk merangsang peningkatan ekonomi masyarakat di desa. Seperti program memberi makan ikan melalui ponsel, mencari ikan di laut dengan fish finder dan lain-lain. Sejumlah fasilitas pun pihanya telah sediakan, di antaranya program Mobil Maskara mobil serbaguna yang bisa digunakan warga desa.

”Kalau kemarau mempersiapkan pertanian infuse, kemudian akan meningkatkan produktivitas pertanian dan lain lain. Ini membuktikan, yang sebelumnya belum ada sekarang sudah ada,” imbuhnya.

Didapuk Menjadi Gubernur Desa

Pada kesempatan ini, Emil juga mendapatkan penghargaan dari DPD Apdesi Jabar sebagai Gubernur Desa. Hal mengucapkan terima kasih atas aspirasi tersebut.

Menyikapi penghargaan itu, Emil tak menampik bahwa sebagai gubenur, dia memiliki keinginan yang kuat untuk membenahi desa agar kian maju.

Selama satu tahun memimpin Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, dia pun telah menelurkan sejumlah program untuk mendorong kemajuan desa. Di antaranya: Satu Desa Satu Perusahaan, mengirimkan milenial dengan Program Patriot Desa, Desa Digital, hingga Pusat

Sumber Jabar Ekspres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News