Ridwan Kamil Kirim Tim untuk Bantu Korban Tsunami Banten

Ridwan Kamil Kirim Tim untuk Bantu Korban Tsunami Banten
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (jongkok menyodorkan mic kepada anak salah satu korban tsunami Banten). Foto dok Jabar Quick Response (JQR)

jpnn.com, BANTEN - Program gerak cepat pemerintah daerah Jawa Barat atau disebut Jabar Quick Response (JQR) di bawah komando Gubernur Jabar Ridwan Kamil, menyalurkan dana Rp1 miliar untuk Kabupaten Pandeglang.

Sumbangan uang ini diterima langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita pada Jumat (28/12) kemarin.

“Sebagai anak bangsa, tentu Ridwan Kamil kita tidak bisa tinggal diam. Meski Banten bukan wilayah cakupan gubernur Jawa Barat dan tim JQR, namun atas nama kemanusiaan kami tetap harus membantu,” kata Ketua Umum Jabar Quick Response Bambang Trenggono.

Selain dana tunai, bantuan dalam bentuk barang dihimpun JQR dari para donator seperti pihak swasta, perorangan, pemerintah, dan masih banyak lagi.

"Untuk para pengungsi di Banten, JQR juga menyalurkan bantuan berupa makanan selimut, baju, bedak dan minyak telon," lanjut Bambang.

Selain itu, JQR juga membantu mencari dan mendata korban yang berasal dari Jawa Barat. Dari data yang didapat JQR, terdapat 67 warga asal Jawa Barat yang menjadi korban, tujuh di antaranya meninggal dunia.

Dalam hal ini Ridwan Kamil mengirim dua tim JQR untuk membantu korban Selat Sunda secara langsung.

“Tim pertama berangkat satu hari pascatsunami, disusul kemudian tim kedua keloter kedua, total jadi 2 tim,” paparnya.

Meski Banten bukan wilayah cakupan gubernur Jawa Barat dan tim JQR, namun atas nama kemanusiaan kami tetap harus membantu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News