Ridwan Kamil Mendongkrak Suara Golkar untuk Pemilih Muda

Ridwan Kamil Mendongkrak Suara Golkar untuk Pemilih Muda
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan). Foto: Humas Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Litbang Kompas melakukan survei pada Januari hingga Februari 2023 terkait capres alternatif Ridwan Kamil (RK) dengan elektabilitas tertinggi.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam menilai kenaikan suara RK sangat mengejutkan kendati masih sejalan dengan tren politik yang cenderung ke arah anak muda.

“Mengejutkan, angka elektabilitasnya Mas RK. Sungguh naik signifikan dan cukup mengagetkan. Hal ini sejalan dengan tren politik yang kian muda dan egaliter, kecenderungan memilih tokoh muda, kreatif, dan dekat netizen kian signifikan,” tegas Surokim, Kamis (23/2).

Ridwan Kamil yang bergabung dengan Golkar pada Januari lalu dinilai mampu memenuhi kebutuhan para muda sehingga diterima di kalangan mereka.

Selain itu, latar belakang profesi, keluarga, dan karier politik RK menjadi magnet bagi publik muda.

“Bisa jadi Mas RK juga tidak terlalu elitis dan masyarakat membutuhkan calon alternatif yang dekat dengan mereka,” ujar Surokim.

Selain itu, RK juga dipandang lebih berani bersuara terkait Pemilu 2024. Belum lagi RK dipandang sebagai sosok kunci di Jawa Barat yang punya banyak konstituen.

“Apalagi akhir-akhir ini Mas RK juga sudah berani speak-up bersedia running ikut pilpres, juga bisa jadi menambah pilihan Mas RK. Ditambah basis pemilih Jabar juga signifikan dalam konstelasi nasional,” tegas Surokim.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam menilai kenaikan suara Ridwan Kamil dapat mendongkrak suara Golkar di kalangan pemilih muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News