Ridwan Kamil Minta Daerah Bentuk Posko Distribusi Oksigen

Ridwan Kamil Minta Daerah Bentuk Posko Distribusi Oksigen
Sejumlah petugas menurunkan tabung oksigen. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah daerah tingkat kabupaten dan kota membentuk posko untuk mengatur distribusi serta peminjaman tabung oksigen.

"Hari ini mengawali semangat manajemen oksigen di Jawa Barat yang jauh lebih baik. Ada posko komando Jawa Barat, ada posko kota/kabupaten yang tadi diserahkan, dan kami juga akan membuat manajemen pinjaman tabung oksigen untuk warga, menunggu yang Singapura datang," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah kota di Bandung, Jumat.

Gubernur mengimbau warga yang sudah sembuh dari COVID-19 dan memiliki tabung oksigen meminjamkannya kepada pasien yang masih menjalani isolasi mandiri.

"Karena barangnya terbatas maka kami berharap tabung bisa diputar seperti tabung gas. Jadi kita imbau kepada warga yang isoman dan sudah sembuh itu tabungnya melalui kendali pemerintah bisa dipinjam-pakaikan ke sesama yang sedang berjuang melawan COVID-19," kata Ridwan Kamil.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan oksigen untuk perawatan pasien COVID-19, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berusaha lebih dulu menyelesaikan masalah pasokan oksigen untuk rumah sakit dan puskesmas.

"Tahap pertama bereskan dulu suplai kepada rumah sakit," kata gubernur.

Dalam hal ini, dia mengatakan, posko distribusi tingkat kabupaten dan kota akan mengatur penyaluran pasokan oksigen dari pemerintah provinsi untuk rumah sakit dan puskesmas.

Guna memenuhi kebutuhan oksigen pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah, pemerintah provinsi berencana menerapkan sistem pinjam pakai setelah menerima pasokan 1.500 tabung oksigen dari Singapura.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah daerah tingkat kabupaten dan kota membentuk posko untuk mengatur distribusi serta peminjaman tabung oksigen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News