Ridwan Kamil: Saya Sudah Perintahkan Semua Rumah Sakit Siaga Satu

Ridwan Kamil: Saya Sudah Perintahkan Semua Rumah Sakit Siaga Satu
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan sudah memerintahkan semua rumah sakit di Jabar siaga satu. 

Hal itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi Covid-19 varian Omicron, dan menyikapi tingkat keterisian kamar pasien corona yang kini meningkat. 

"Saya sudah perintahkan semua rumah sakit siaga 1 karena BOR meningkat," tegas Ridwan Kamil dalam keterangan resminya di Bandung, Jumat (4/1).

Menurutnya, status siaga 1 tersebut harus ditunjukkan dengan penambahan kasur atau ruang pasien, ketersediaan tabung oksigen hingga obat-obatan.

"Bed ditingkatkan, oksigen disiapkan plus treatment-nya," ungkap mantan wali kota Bandung, itu.

Mengenai penerapan status siaga satu rumah sakit ini khususnya di wilayah aglomerasi Bodebek dan Bandung Raya dikeluarkan, karena dua wilayah tersebut terjadi lonjakan kasus cukup signifikan yang kemungkinan varian Omicron.

"Jadi, kami mendorong aglomerasi ini rumah sakitnya agar bersiap-siap. Itu berulang-ulang dari dulu Covid-19 ngumpulnya di situ," kata Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil. 

Covid-19 varian Omicron memiliki daya tular yang cukup cepat. 

Ridwan Kamil menegaskan sudah memerintahkan seluruh rumah sakit di Jabar siaga satu mengantisipasi Omicron, dan peningkatan BOR. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News