Ridwan Kamil Siap Bantu Jakarta

Ridwan Kamil Siap Bantu Jakarta
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Rizal/Humas Jabar

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil siap membantu DKI Jakarta dalam hal ketersediaan ruang isolasi rumah sakit.

“Jika ruang-ruang isolasi rumah sakit di Jawa Barat dibutuhkan untuk DKI, maka kami dengan senang hati juga berkenan memberikan dukungan (bantuan ruang isolasi),” kata Ridwan Kamil dalam keterangan pers, Senin (14/9).

Hingga Jumat (11/9) kemarin, tingkat keterisian rumah sakit rujukan COVID-19 di Jabar masih sekitar 44,33 persen dan dinilai aman karena angka tersebut di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan tingkat keterisian rumah sakit harus di bawah 60 persen.

“Karena selalu saya sampaikan, kita ini harus memperbanyak kolaborasi, kurangi kata kompetisi, karena kita sama-sama NKRI,” tambah pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Lebih lanjut, Kang Emil juga meminta pemerintah pusat untuk membantu daerah dalam meningkatkan rasio pengetesan COVID-19, khususnya bagi Jabar yang memiliki jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa.

Menurut standar WHO, pengetesan COVID-19 perlu dilakukan terhadap minimal satu persen dari total jumlah penduduk, sehingga masyarakat Jabar yang harus dites sebanyak kurang lebih 500 ribu orang.

“Sampai hari ini kapasitas kami hanya sanggup di 0,6 persen. Itu pun sudah luar biasa, 50 ribu pengetesan (metode PCR, red) per minggu. Tapi karena jumlah penduduk kami banyak, maka persentasenya selalu terlihat lebih kecil (dari provinsi lain, red),” kata Emil yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar.

Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar (Pikobar), hingga Sabtu (12/9) pukul 20.30 WIB, pengetesan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di Jabar total berjumlah 303.519 pengetesan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siap membantu DKI Jakarta dalam memerangi virus Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News