Ridwan Kamil Terpesona Keunikan Bandara Banyuwangi

Ridwan Kamil Terpesona Keunikan Bandara Banyuwangi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah, depan) saat tiba di Bandara Banyuwangi. Foto: pemda banyuwangi for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memilih Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sebagai tempatnya berlibur.

Bersama keluarganya, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mendarat di Bandara Banyuwangi, Rabu (25/12), setelah menempuh perjalanan dengan pesawat komersial rute Bandung-Banyuwangi.

Kang Emil dan keluarga akan menginap di salah satu resor di bawah kaki Gunung Ijen.

”Bandara Banyuwangi luar biasa. Ini bandara yang arsitekturnya salah satu yang paling keren di Indonesia. Kecil, tetapi sangat unik. Saya senang ada di Banyuwangi,” ujar Kang Emil sesaat setelah tiba dan berkeliling Bandara Banyuwangi.

Ridwan Kamil Terpesona Keunikan Bandara Banyuwangi
Foto: pemda banyuwangi for jpnn.com

Bandar udara yang satu ini dikenal sebagai bandara pertama di Indonesia yang mengadopsi konsep terminal hijau. Desain terminal hijau ikonik yang menyita perhatian luas publik Indonesia itu dikerjakan arsitek Andra Matin.

Selain estetikanya indah dengan atap berbentuk penutup kepala khas Suku Osing (masyarakat asli Banyuwangi), bandara tersebut juga menginspirasi karena mengedepankan pendekatan hemat energi yang mengutamakan penghawaan udara alami, tidak memakai AC kecuali di ruang tertentu.

Walhasil, biaya energinya sangat rendah, tercatat tujuh kali lebih rendah dibanding bandara sekelasnya.

Kang Emil bersama keluarga mendarat di Bandara Banyuwangi, untuk kemudian melakoni liburan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News