JPNN.com

Ridwan Kamil Titipkan Dua Permintaan Warga Jabar kepada Jokowi

Minggu, 20 Oktober 2019 – 16:40 WIB Ridwan Kamil Titipkan Dua Permintaan Warga Jabar kepada Jokowi - JPNN.com
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menaruh harapan kepada pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden, Jokowi–Ma’ruf Amin. Ridwan mengatakan bahwa sebenarnya ada dua permintaan dari Jabar kepada Jokowi. Pertama, adalah pemekaran beberapa kabupaten di Jabar.

“Kalau boleh daerah tingkat duanya dimekarkan. Penduduknya (Jabar) terlalu banyak, hampir 50 juta, kurang keurus secara daerah (kabupaten/kota) yang cuma 27. Jawa timur saja penduduk 40 (juta jiwa), daerahnya (kabupaten/kota) 38,” kata Emil kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10).

Karena itu, kata Emil, tidak heran kalau sekarang sudah ada dinamika beberapa kabupaten seperti Bekasi maupun Bogor, minta dimekarkan. Hal itu dapat dipahami karena wilayahnya terlalu luas.

“Harapannya, mudah-mudahan Pak Jokowi bisa mengakomodasi,” papar Emil.

Kedua, kata Emil, adalah keadilan fiskal. Dia menegaskan, seharusnya fiskal yang masuk ke Jabar sesuai dengan jumlah penduduk. “Kalau penduduknya besar, bantuan fiskalnya juga harusnya besar. Sekarang masih belumlah ya,” ungkap Emil. (boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...