Rieke Diah Pitaloka Luncurkan Data Desa Presisi di Yogyakarta

Rieke Diah Pitaloka Luncurkan Data Desa Presisi di Yogyakarta
Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka meluncurkan penggunaan data desa presisi (DDP) di Desa Wukirsari, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

"DDP mengintegrasi data spasial atau lima jenis peta dengan data numerik, khususnya lima aspek kesejahteraan rakyat (kesra) yang diamanatkan UUD 1945," kata Rieke melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/2).

Rieke menjelaskan DDP merupakan temuan Dr. Sofyan Sjaf dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Temuan itu lalu dikolaborasikan dengan hasil penelitian disertasi Dr. Rieke Diah Pitaloka di FISIP Universitas Indonesia (UI).

"Penelitian itu terkait pentingnya data dasar negara yang akurat dan aktual, yang direproduksi melalui pendataan desa dengan menggabungkan pendekatan top down dan bottom up," terangnya.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov Yogyakarta KPH Yudonegara menegaskan pentingnya basis data desa dan kelurahan untuk memperkuat keistimewaan Yogyakarta.

Hal itu bertujuan agar kebijakan pembangunan dan reformasi birokrasi dapat dilakukan dengan lebih baik, terukur, terencana, tepat sasaran dan cepat.

Dia menyebut Uji coba DDP tersebut bakal diintegrasikan dengan aplikasi kelurahan yang telah dibangun Pemerintah Provinsi DIY.

Anggota DPR RI Rieke Pitaloka meluncurkan penggunaan data desa presisi (DPP) di Bantul, Yogyakarta. Begini tujuannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News