Rieke Sebut Iptek Harus Jadi Landasan Pembangunan yang Berpedoman pada Pancasila

Rieke Sebut Iptek Harus Jadi Landasan Pembangunan yang Berpedoman pada Pancasila
Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengatakan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) memiliki peran yang penting landasan pembangunan. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengatakan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) memiliki peran yang penting landasan pembangunan.

Hal itu diungkapkan Rieke saat menjadi narasumber dalam Dialog Kebangsaan Pembinaan Ideologi Pancasila, digelar di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Rabu (15/2).

Menurutnya, Iptek harus menjadi landasan pembangunan dengan berpedoman pada ideologi Pancasila.

Rieke menyebut untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan data yang akurat dan presisi.

Oleh karena itu, pelu regulasi atau produk hukum seperti peraturan pemerintah dan turunnannya sangatlah penting.

"Seperti pentingnya peraturan daerah yang mengacu pada UU No.11 tahun 2019 tentang Sisnas Iptek serta UU No. 23 Tahun 2014," kata Rieke dalam keterangannya.

Rieke mengingatkan para pendiri bangsa mengamanatkan dalam pembangunan harus berdasarkan hasil riset ilmu pengetahuan dan teknologi.

Undang-undang juga tegas mengatakan kebijakan pembangunan pemerintah harus berlandaskan hasil riset ilmu pengetahuan dan teknologi.

Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengatakan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) memiliki peran yang penting landasan pembangunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News