Rilis Indeks HAM 2023, Setara Institute & Infid Beri 7 Rekomendasi

Rilis Indeks HAM 2023, Setara Institute & Infid Beri 7 Rekomendasi
Setara Institute dan International NGO Forum  on Indonesia Development (Infid) merilis Indeks Hak Asasi Manusia di Indonesia tahun 2023. Foto source for JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - Setara Institute dan International NGO Forum on Indonesia Development (Infid) merilis Indeks Hak Asasi Manusia di Indonesia tahun 2023.

Pada Indeks HAM 2023 ini, mereka memberikan skor rata-rata untuk seluruh variabel adalah 3,2. Mereka menggunakan skala Likert dengan rentang 1 - 7.

Setara Institute dan Infid pun memberikan sejumlah rekomendasi. 

"Angka ini turun 0,1 dari tahun sebelumnya yang berada pada skor 3,3," ujar Peneliti Hukum dan Konstitusi Setara Institute Sayyidatul Insiyah dalam keterangannya dikutip Senin (11/12).

Pada indeks HAM 2023, Setara Institute dan Infid membagi menjadi dua aspek, yakni hak ekonomi, sosial, budaya (ekosob) dan hak sipil dan politik (sipol).

Sayyidatul mengungkapkan skor rata-rata nasional lebih banyak dikontribusi oleh indikator ekosob. Skor Ekosob mencapai rata-rata 3,3 dengan penyumbang skor tertinggi adalah hak atas pendidikan yang meraih angka 4,4.

"Pemenuhan hak atas tanah masih berada pada skor 1,9," ucap Sayyidatul.

Pada variabel sipol, Sayyidatul mengungkapkan negara membukukan capaian dengan skor 3.

Rilis Indeks HAM 2023, Setara Institute & Indonesia Development (Infid) memberikan 7 rekomendasi 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News