Rini Nekat Naik Panggung Demi Menyalami Jokowi

Rini Nekat Naik Panggung Demi Menyalami Jokowi
Presiden Joko Widodo pada acara penyerahkan bantuan PKH dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Lapangan Agatish, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Jumat (6/10). Foto: Setpres

jpnn.com, BULUNGAN - Seorang ibu di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, nekat naik ke atas panggung untuk menjawab tantangan Presiden Joko Widodo menyebutkan Pancasila. Itu dia lakukan demi bisa bersalaman dengan Jokowi -sapaan presiden-.

Rini, nama ibu itu adalah warga Desa Transmigrasi Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan. Ia termasuk salah satu penerima bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH).

Ketika Presiden menyampaikan sambutan, Rini hanya melihat dari kejauhan. Dia pun langsung mengacungkan tangan ketika Presiden bertanya siapa dari warga yang hafal Pancasila. Gayung bersambut, dia dimintai naik ke panggung.

Rini Nekat Naik Panggung Demi Menyalami Jokowi

Ia maju ke podium bersama seorang siswa SMA dan seorang siswa SD. Rini mendapat giliran pertama ditanya Presiden. “Ibu sebutkan Pancasila,” kata Jokowi, di acara penyerahkan bantuan PKH dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Lapangan Agatish, Tanjung Selor, Jumat (6/10).

Bukannya menjawab, Rini hanya tersenyum sambil mengatakan bahwa dirinya sudah tidak muda lagi, dan meminta jangan disalahkan apabila tidak tepat dalam membacakan Pancasila.
Hal itu membuat Jokowi penasaran. “Kenapa maju?” tanya Presiden.

“Angkat tangan supaya bisa salaman sama Pak Jokowi. Kan belum tentu sepuluh tahun lagi bisa salaman. Mau tanam padi banyak, belum tentu bisa ke sana (istana),” sebut Rini.

Ternyata benar. Rini benar-benar tidak lancar dalam mengucapkan Pancasila. Sila pertama, kedua dan ketiga dapat diucapkan dengan baik oleh Rini. Ketika menyebutkan sila keempat, kata-katanya tidak tepat.

Presiden Joko Widodo pada acara penyerahkan bantuan PKH dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Lapangan Agatish, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kaltara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News