Peringatan Hari Film Nasional

Rio Dewanto: Kualitas Film Lokal Harus Tetap Dijaga

Rio Dewanto: Kualitas Film Lokal Harus Tetap Dijaga
Rio Dewanto, saat berkunjung ke Graha Pena. Foto: Dedi Yondra/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Aktor Rio Dewanto mengatakan, pemerintah harus bangga dengan kemajuan industri perfilman tanah air dalam beberapa tahun terakhir.

Penilaian tersebut, kata Rio Dewanto, bisa dilihat dari meningkatnya jumlah penonton film lokal di bioskop.

"Dilihat dari perkembangan film Indonesia sekarang ini udah jauh lebih maju, dari segi penonton, dari segi produksi, 2 atau tiga tahun belakangan penonton Indonesia lagi tinggi-tingginya," kata Rio Dewanto kepada JawaPos di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Saat ini, lanjut pemain film Filosofi Kopi itu, poduksi film lokal sangat variatif dengan kualitas masing-masing.

"Genre enggak masalah, menurut saya udah variatif. Horor ada, komedi ada, drama ada, dan action ada. Kita banyak kok sutradara-sutradara muda keren-keren dan bagus-bagus. Aktor juga regenerasi yang muda ada kok tiap tahunnya," jelasnya.

Meski menganggap industri film Indonesia mengalami kemajuan, Rio Dewanto tetap mengimbau pelaku perfilman Indonesia untuk terus menjaga kualitas.

Sebab, kualitas film dipastikan akan berpengaruh pada kepercayaan penonton pada film Indonesia itu sendiri.

"Yang penting dilakukan adalah bagaimana menjaga kepercayaan penonton agar tetap ada. Konten cerita dari film Indonesia itu sendiri. Kalau misal penonton disuguhkan cerita yang itu-itu aja pastinya mereka akan bosan, karena enggak bisa dipungkiri saingan kita kan film-film Hollywood dengan skala jauh lebih besar," ujarnya.

Aktor Rio Dewanto mengatakan, pemerintah harus bangga dengan kemajuan industri perfilman tanah air dalam beberapa tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News