Riset Kesehatan Dasar: Menu Sarapan Terbaik Mengandung Minimal 15% dari Kebutuhan Gizi

Riset Kesehatan Dasar: Menu Sarapan Terbaik Mengandung Minimal 15% dari Kebutuhan Gizi
Puncak acara kegiatan Pekan Sarapan Sehat 2022 diadakan dengan olahraga bareng. Foto dokumentasi Herbalife Nutrition.

jpnn.com - Berbagai penelitian dan publikasi kesehatan menunjukkan daya tahan serta kemampuan tubuh bekerja maksimal akan dimiliki oleh individu dengan nutrisi baik. Namun, kesibukan masyarakat modern saat ini sering menjadi hambatan untuk sarapan di pagi hari.

"Sarapan yang sehat bisa menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk menciptakan komunitas yang sehat dan bugar," kata Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, Selasa (8/3).

Mengacu pada data Riset Kesehatan Dasar pada 2013, menu sarapan yang baik mengandung sedikitnya 15% dari kebutuhan gizi. Sementara, berdasarkan Asia Pacific Breakfast Habits Survey Report yang diadakan Herbalife Nutrition pada 2021, sarapan pagi merupakan kegiatan yang dinantikan oleh 59% mayoritas penduduk Indonesia. 

"Bahkan sebanyak 69 persen penduduk Indonesia juga mengaku rutin melakukan sarapan pagi selama 7 hari dalam seminggu," kata Andam Dewi.

Dijelaskannya, masyarakat penting menjaga asupan nutrisi seimbang melalui sarapan sehat serta menjaga kebugaran tubuh dengan kegiatan olahraga. Sarapan yang bernutrisi bisa menyuplai energi bagi tubuh dan otak untuk tetap aktif melakukan kegiatan, baik bekerja dari rumah maupun di kantor.

"Untuk mengingatkan hal itu, kami menyelenggarakan rangkaian kegiatan sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2022, yang diprakarsa pemerintah sejak 2013," kata Andam Dewi.

Tahun ini menjadi ke-7 kalinya bagi Herbalife Nutrition mendukung kampanye ini melalui serangkaian kegiatan edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya sarapan melalui edukasi nutrisi atau Nutrition Talk dan rangkaian kegiatan olahraga virtual dimulai pada 14 Februari 2022 hingga puncak acara pada Sabtu, 5 Maret 2022.

Puncak kegiatan Pekan Sarapan Sehat (PESAN) Herbalife Nutrition 2022 diadakan secara hybrid yang dihadiri 45 ribu peserta dengan aktivitas olahraga bareng skala kecil dan nonton bareng bersama keluarga serentak di 60 kota. 

Riset Kesehatan Dasar menyebutkan menu sarapan terbaik mengandung sedikitnya 15% dari kebutuhan gizi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News